Mba Nad : Nilai - nilai Kebangsaan Harus Melekat pada Masyarakat


BREBES ( trelepmedia.com ) Hj. Nur Nadlifah, S.Ag., M.M atau sapaannya Mba Nad mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada 150 Kader BANOM  NU se- Kabupaten Tegal di Aula Pondok Pesantren Al Amiriyah Tegal, Senin (28/11/2022). 4 Pilar Kebangsaan tersebut yakni, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.


Mba Nad memaparkan bahwa, Pancasila merupakan ideologi negara atau dasar negara yang telah melibatkan pertimbangan para ulama dalam penyusunannya, sehingga dapat diyakini isi dari Pancasila telah sesuai dengan syariat agama islam.


“Bhinneka Tunggal Ika. Kalimat ini diambil dari kitab karangan Empu Tantular, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Bangsa kita memiliki area yang luas dan beragam suku dan budaya. Apabila perbedaan ini tidak disikapi dengan baik, maka akan terjadi perselisihan dimana-mana. Sehingga digunakanlah semboyan Bhinneka Tunggal Ika, boleh kita berbeda tetapi harus tetap bersatu,” terangnya.


Menurut Mba Nad, nilai-nilai kebangsaan harus melekat pada masyarakat dan senantiasa diaplikasikan sampai pada wilayah kecil termasuk di lingkungan desa. "Mulai dari lingkup RT dan RW harus menjadi garda utama dan terdepan dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia ini,”.


Maka dari itu nilai 4 pilar harus menjadi cerminan kader Banom NU Tegal dalam mengemban tugas-tugasnya menuju kejayaan bangsa dan negeri. Sesuai dengan tujuannya, kader Banom NU mempunyai wewenang dalam membuat serta melaksanakan kebijakan yang berpihak pada kepentingan dan kemaslahatan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia," pungkas mba Nad.

0 Response to "Mba Nad : Nilai - nilai Kebangsaan Harus Melekat pada Masyarakat"

Post a Comment