Hj. Nur Nadlifah : Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Upaya Cegah Stunting


TEGAL ( trelepmedia.com ) - Mari Cegah Stunting Bersama Keluarga Melalui 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, M.M pada kegiatan sosialisasi dan KIE Bangga Kencana di Gedung MWC NU Kramat Desa Babakan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Rabu (9/11/2022 ).


Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupa (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal Ir. Khofifah, M.M, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi dr. Eni Gustina, M.P.H dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah drg. Widwiono, M.Kes.


Untuk mendorong percepatan penurunan stunting, kata Nur Nadlifah, masyarakat perlu diedukasi terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Masa 1000 HPK yang terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan anak bisa benar – benar diketahui masyarakat seutuhnya.


" Kita perlu melakukan penguatan dan percepatan langkah untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Brebes. Oleh sebab itu, pemerintah perlu melibatkan para tokoh agama hingga para pendidik. Untuk itu, saya tekankan agar terus berikan edukasi terkait perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui, serta balita di lingkungan masing-masing," katanya.


Menurutnya, masyarakat diharapkan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Diantaranya, melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak mengkonsumsi minuman ber alkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. 


" Dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi upaya pencegahan stunting yang terbaik. Hal ini membutuhkan kesadaran dan dukungan dari masyarakat," pungkasnya. 

0 Response to "Hj. Nur Nadlifah : Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Upaya Cegah Stunting"

Post a Comment