Hj. Nur Nadlifah : Semua Pihak Harus Berperan Cegah Stunting


BREBES( trelepmedia.com ) - Semua pihak harus ikut berpartisipasi mencegah stunting. Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, M.M pada kegiatan sosialisasi dan KIE Bangga Kencana  bersama mitra di Aula Balai Desa Jagapura Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes, Minggu (23/10/2022 ).


Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Brerencana (DP3KB) Kabupaten Brebes Drs. Akhmad Ma'mun, M.Si dan Ketua Tim Pokja Dalduk BKKBN Jawa Tengah Dra. Farida Sumarlin, M.Si.


Percepatan pencegahan stunting ini, kata Nur Nadlifah, menjadi isu yang memang harus segera diselesaikan. Karena permasalahan ini sangat berpengaruh pada peningkatan SDM kedepannya. 


" Kewajiban mencegah dan memutus mata rantai stunting adalah tanggungjawab seluruh bangsa, oleh karena itu perlu sinergitas dan keterlibatan dari semua pihak. Salah satunya di tingkat Desa adalah peran dari Pemerintah Desa," imbuhnya.


Pemerintah Desa diharapkan menganggarkan dana Desa yang dibahas pada Musyawarah Desa ( Musdes ) agar ada alokasi anggaran untuk pencegahan stunting. Hal ini membutuhkan peran dari semua pihak dan kesadaran untuk menurunkan angka stunting.


Indonesia sendiri diketahui merupakan negara yang masuk dalam lima besar dunia terkait tingginya prevalensi anak stunting. Berdasarkan Studi Status Gizi Balita Indonesia, pada tahun 2019 prevalensi stunting nasional berada diangka 27,67 persen.


" Pemerintah Pusat menargetkan pada tahun 2024, prevalensi stunting dapat ditekan menjadi 14 persen. Target tersebut tentu bukan hal yang mustahil jika semua pihak terus bekerjasama dalam menurunkan angka stunting tersebut," pungkasnya.


0 Response to " Hj. Nur Nadlifah : Semua Pihak Harus Berperan Cegah Stunting"

Post a Comment