Hj. Nur Nadlifah : Tingkat Stunting di Kabupaten Brebes Masih Tinggi


BREBES ( trelepmedia.com ) - Persoalan stunting di Kabupaten Brebes yang masih tinggi telah menjadikan Kabupaten ini salah satu fokus penanganan oleh Pemerintah pusat. Demikian disampaikan oleh anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, MM saat memberikan sosialisasi kepada anggota Fatayat NU di Aula Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, Minggu ( 3/7/2022 ).


Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah drg. Widwiono, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes dr. H. Sri Gunadi Parwoko dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes H. Zubad Fahilatah


Nur Nadlifah menegaskan, sesuai peraturan presiden terkait penanganan stunting, leading sektornya murni di BKKBN. Meskipun begitu, penanganan stunting di kabupaten Brebes harus melibatkan banyak sektor.


" Misalnya untuk penanganan gizi, kesehatan, pangan, sanitasi harus terintegrasi semua, agar saling mendukung dalam percepatan penurunan kasus stunting. Harapan saya, di tahun 2023 kasus stunting tinggal 14 persen," tegasnya.


Dirinya berpesan kepada masyarakat Kabupaten Brebes untuk mulai hidup sehat dengan memperhatikan pola hidup, pola asuh dan pola makan.


Sementara itu, kepala perwakilan BKKBN Jawa Tengah drg. Widwiono menyoroti bahwa masih sangat rendahnya kaum laki - laki yang mau menggunakan alat kontrasepsi, karena pandangannya masih bertumpu bahwa alat kontrasepsi untuk perempuan.


Kepala DP3KB Kabupaten Brebes dr. Sri Gunadi Parwoko mengajak kepada komunitas fatayat agar masuk sebagai kader posyandu ataupun kader Pengabdian kepada masyarakat (PKM).


" Hal ini agar tingkat pelayanan kesehatan masyarakat itu bisa lebih masuk dan melibatkan organisasi matang seperti fatayat NU," pungkasnya.

0 Response to "Hj. Nur Nadlifah : Tingkat Stunting di Kabupaten Brebes Masih Tinggi"

Post a Comment