Apresiasi Bupati Brebes pada Desa yang Berhasil Turunkan Angka Stunting

 


BREBES (Trelepmedia.com) – Untuk memotivasi Desa yang berhasil menurunkan angka Stunting, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, mengapresiasinya dengan memberikan piagam penghargaan kepada para kepala desa.


Piagam penghargaan diserahkan Bupati yang diwakili Kepala Baperlitbangda, Apriyanto Sudarmoko di sela Rembug Stunting Kabupaten Brebes Tahun 2022 di Aula Baperlitbangda, Kamis (24/3).


Dalam sambutan tertulisnya Bupati Brebes mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada OPD, camat, kepala desa, para pelaku usaha, dan elemen masyarakat lainnya, yang turut berkontribusi pada penurunan angka stunting di Kabupaten Brebes.


Idza juga berharap kepada seluruh peserta rembug stunting agar bersungguh-sungguh dalam upaya penurunan stunting. Karena mencegah stunting itu penting, guna mencapai Indonesia Emas di tahun 2045, dengan mencetak generasi yang unggul, cerdas dan berkualitas.


Bupati menjelaskan, rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting tahun 2021-2024 yang telah disusun pemerintah pusat. Ada lima pilar dalam strategi nasional percepatan penurunan stunting yaitu pertama, peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, dan pemerintah desa.


Kedua, peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat, ketiga, peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif di kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan pemerintah desa. Keempat, peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat, serta kelima, penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.


“Desa yang diberi penghargaan adalah desa yang sebelumnya terdapat angkat stunting 20 persen, kini turun menjadi di bawah 20 persen yang menderita stunting,” ujarnya.


Adapun Desa yang mendapat penghargaan karena telah berhasil menurunkan angka stunting tahun 2021 sebanyak 32 desa dari 11 kecamatan. Diantaranya, Desa Cigadung Kecamatan Banjarharjo, Desa Dukuhlo Kecamatan Bulakamba, Desa Karangjongkeng Kecamatan Tonjong, Desa Kalisumur Kecamatan Bumiayu, Desa Songgom Kecamatan Songgom, Desa Igirklanceng Kecamatan Sirampog, Desa Banjaran Kecamatan Salem, Desa Randegan Kecamatan Losari, Desa Kedawung Kecamatan Tanjung, Desa Pemaron Kecamatan Brebes, dan Desa Keradenan Kecamatan Kersana.


Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes Apriyanto Sudarmoko menjelaskan, Rembug Stunting Kabupaten Brebes Tahun 2022 berfungsi sebagai forum musyawarah lintas sektor dalam upaya pencegahan dan penanganan masalah kesehatan terutama yang terkait dengan stunting.


Tampak mengikuti rembug stunting antara lain dari unsur Kepala OPD, camat, Kepala UPTD Puskesmas, Tim Penggerak PKK, dan undangan lainya. (AL)

dillansir dari media https://indonesianpolicenews.id/

0 Response to "Apresiasi Bupati Brebes pada Desa yang Berhasil Turunkan Angka Stunting"

Post a Comment