Soal dan Jawaban Diskusi 8 Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen


 silahkan diskusikan

1) Jelaskan 4 pendekatan pengembangan sistem!

2) Jelaskan metode – metode dalam pengembangan sistem!

3. Mengapa perlu adanya pengembangan sistem.


JAWAB

1. 4 pendekatan pengembangan sistem kaitannya Pendekatan kontingensi untuk memilih strategi pengembangan Aplikasi antara lain
a. Pendekatan air terjun ( Waterfall Model )
Pendekatan ini mengikuti pendekatan SDLC ( System Development Life Cycle ) yang menyatakan bahwa tahap - tahap dalam pengembangan sistem diorganisir dalam urutan yang linier ( garis lurus ), dan output dari satu tahap dalam model ini akan menjadi input bagi tahap berikutnya.

b. Pendekatan pembuatan prototipe ( Prototyping Model )
Prototipe dikembangkan sebagai pengganti dari sistem yang lengkap. prototipe pada dasarnya akan memberka ide bagi pembuat maupun pengguna potensial sistem tentang cara sistem akan berfungsi dalam bentuk lengkapnya
c. Pendekatan peningkatan Iteratif ( Iterative Enhancement Model )
    Sistem dikembangkan secara inkremental atau kenaikan sedikit demi sedikit dan pada setiap kenaikan akan menambahkan beberapa kemampuan fungsional pada sistem, sampai sistem yang penuh dikembangkan

d. Pendekatan Spiral ( Spiral Model )
Modelpengembangan yang paling terkini, yang menyajikan berdasarkan tingakt risiko dari proyek dengan bentuk spiral. Faktor manusia dan organisasional yang mempengaruhi kesuksesan ataupun kegagalan implementasi dari sebuah sistem informasi yang baru.


2. Metode - metode dalam pengembangan sistem
Menurut Goyal, tahap - tahap dari proses pengembangan sistem ada 6 tahap
a. Investigasi
b. Analisis
c. desain
d. Konstruksi / membangun
e. Implementasi
f. Pemeliharaan

3. Mengapa perlu adanya pengembangan sistem
Pengembangan sistem sangat diperlukan oleh masing - masing organisasi sesuai dengan kondisi dan situasi lingkungan yang dihadapi masing - masing organisasi. Upaya pengembangan sistem ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak ( program ) yang berkualitas tinggi.

Oleh sebab itu perlu berbagai strategi yang berbeda tersedia bagi perancangan dan aplikasi sistem informasi, serta pemilihan strategi yang tepat tergantung pada situasi yang dihadapi organisasi. 

Keberhasilan pengembangan dan pengoperasian sistem informasi sangat berhubungan erat dengan faktor manusia dan proses perubahan organisasi.

Sumber : Modul ADPU4442
( Jawaban Lukmanul Hakim )

0 Response to "Soal dan Jawaban Diskusi 8 Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen"

Post a Comment