Nur Nadlifah : Cegah Pernikahan Dini, Upaya Menurunkan Stunting


BREBES ( cbm-news.com )- Sebagai upaya menurunkan stunting, salah satunya dengan mencegah pernikahan dini. Demikian disampaikan anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Hj. Nur Nadlifah, S.Ag,M.M pada acara Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran bangga Kencana bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah di Pulau Cemara Sawojajar Kabupaten Brebes, Minggu (14/10/2021 ).


Pernikahan dini atau perkawinan anak, kata Nur Nadlifah, menyebabkan beberapa hal di antaranya yaitu stunting, tingginya angka kematian ibu dan bayi, tingginya angka putus sekolah, tingginya angka pekerja anak yang rentan diberi upah rendah sehingga turut meningkatkan angka kemiskinan, serta dampak lainnya. 


Untuk itu, semua pihak perlu bersinergi dan berperan dalam menurunkan stunting dengan memberikan edukasi kepada remaja dengan mengalihkannya pada kreatifitas dan pengembangan diri agar siap menghadapi usia ideal pernikahan.


" Selain itu resiko pernikahan dini diantaranya adalah resiko kesehatan, resiko psikologi, resiko ekonomi dan resiko kekerasan dalam rumah tangga," katanya.


Semua pihak harus saling bersinergi, baik pemerintah pusat, daerah, tokoh agama, tokoh adat, dunia usaha, media massa, dan lapisan masyarakat lainnya, melalui regulasi yang dapat diimplementasikan dengan baik.


" Selain itu juga bekerjasama dengan pihak terkait untuk mensosialisasikan pencegahan perkawinan anak secara masif, dalam bentuk informasi, maupun materi edukasi kepada masyarakat luas yang diolah dalam bahasa sederhana agar mudah dimengerti anak dan keluarga,| pungkasnya. 


0 Response to "Nur Nadlifah : Cegah Pernikahan Dini, Upaya Menurunkan Stunting"

Post a Comment