Soal Larangan Mudik, Pulang Kampung Boleh Nggak ?

 


 ( TRELEPMEDIA ) - Bukan netizen namanya, kalau tidak kritis dan mencari celah dari larangan, terutama terkait mudik. Larangan mudik tahun 2020 lalu pun ada larangan untuk mudik. Namun, hal itu justru malah perpindahan warga yang kerja di Jakarta atau lainnya malah membludak. Ada apa ini ?

Ternyata selidik punya selidik, mereka memiliki asumsi bahwa dirinya tidak sedang mudik, tapi pulang kampung. Lah...bukannya sama ? Tentu saja beda, tulisannya dan susunan hurufnya., meskipun begitu, maknanya pasti sama.

Seperti dilansir media CNN Indonesia, bahwa pengumuman larangan mudik langsung menarik perhatian warganet sampai membanjiri lini masa Twitter.

Berdasarkan pantauan CNNIndoneisa.com pada Jumat (26/3) siang, pengguna Twitter banyak mengomentari hasil kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy itu.

Seperti pada akun @likelyollie137. Ia menilai larangan tersebut tidak berarti apa-apa, karena menurutnya banyak orang yang sudah tidak tahan dan tidak akan peduli.

Hal ini merujuk pada tahun lalu dari statement presiden RI Bapak Jokowi yang membedakan pulang kampung dengan mudik. bahwa orang yang curi star mudik sebelum Ramadan, itu disebut pulang kampung. Mereka ini kebanyakan dari pekerja yang bekerja di Jakarta dan memilih pulang ke kampung halaman.

“Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung.” ujarnya.


Tentu hal ini akan menjadi celah bagi masyarakat untuk pulang kampung, tidak mudik. Semoga saja mereka bisa bertemu dengan keluarga dan semua sehat, karena penulis juga menyadari betapa kangennya bertemu sanak famili di kampung setelah sekian lama bekerja jauh dari keluarga.


0 Response to "Soal Larangan Mudik, Pulang Kampung Boleh Nggak ?"

Post a Comment