13 Jurnalis Warga Ikuti Workshop

Belik, harianpemalang.com - Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) yang merupakan program The Asia Foundation (TAF) mengadakan Workshop Jurnalis Warga yang diikuti oleh 13 Jurnalis Warga (JW) dari tiga desa yakni Desa Sikasur, Kuta, dan Bulakan. Kegiatan berlangsung selama dua hari di Aula Hotel Jambe Kembar Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu  (11/11/2017).

Dalam kesempatan ini, Redaktur Koran Harian Radar Tegal Ismail Fuad mengatakan, dalam sebuah berita harus memuat fakta yang didalamnya terkandung unsur 5W+1H ( Who/Siapa, What/Apa, Where/Dimana, Why/Mengapa, When/Kapan, dan How/Bagaimana).

"Tugas seorang wartawan salah satunya yakni mencari fakta dan data yang sesuai kenyataan, baru setelah itu dianalisis.Kemudian, untuk mendukung agar pembaca bisa memahami isi berita, harus disertai gambar atau foto," katanya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Redaktur Satelit Post Agus Setiyanto, seorang wartawan harus bisa mengamati dan terjun langsung di  lapangan dan  tidak boleh menyebarkan berita yang belum jelas kebenaranya. Selain itu, dijelaskan juga ketika akan meliput suatu berita harus konfirmasi atau wawancara langsung dengan orang yang bersangkutan.

"Mudah-mudahan  para Jurnalis Warga bisa terus aktif menulis berita, dan bisa mengangkat potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap desa" pungkasnya. (Naeni JW Kuta)

0 Response to "13 Jurnalis Warga Ikuti Workshop"

Post a Comment