Sampah Menumpuk di Sepanjang Jalan, Warga menjadi Resah

Ketanggungan ( trelepnews ) – Sampah di sepanjang jalan Kabupaten diantaranya di wilayah Desa Dukuh Turi Kecamatan Ketanggungan terlihat menggunung. Pihak desa sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan sosialisasi kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan.
Perangkat desa Poniran (34) mengungkapkan, baru kemarin perangkat Desa membakar sampah di sepanjang jalan. Namun, ternyata besoknya menumpuk kembali.

“ Pihak desa sudah sering melakukan bersih-bersih, begitu juga dari pihak kecamatan selalu menghimbau untuk segera diatasi. Yang menjadi masalah pembuang sampah disitu bukan hanya satu Desa saja, akan tetapi dari Desa lain juga yang dibawa pada saat berangkat ke Pasar atau malam hari,” ungkapnya.

Salah satu pengendara motor, Hakim (31) merasa tidak nyaman dengan keberadaan sampah yang disepanjang jalan. Hal ini mengganggu pengguna jalan karena aromanya busuk menusuk hidung.
“ Saya kira ini harus secepatnya ditangani baik oleh warga sekitar ataupun Pemerintah. Karena harus ada sinkronisasi dari berbagai pihak untuk menumbuhkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai merusak citra Kabupaten Brebes yang akan mengikuti penilaian adipura  ,” katanya.

Sekretaris Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes Edy Kusmartono mengatakan, pihaknya akan segera mengecek langsung ke lokasi. 

Sebetulnya, kata Edy,  persoalan sampah bukan semata-mata tanggung jawab Pemerintah Daerah, namun juga masyarakat harus berperan aktif untuk sadar buang sampah pada tempatnya. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2010 bahwa tanggung jawab pengelolaan sampah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ada pada masyarakat atau pengelola kawasan. Sedangkan dari TPS ke Tempat pembuangan Akhir (TPA) itu memang tanggung jawab Pemerintah.(LH/BU)



“ Harapan kami, masyarakat mau melakukan pemilahan sampah dari sumber, sehingga sampah-sampah yang masih bisa di daur ulang maupun dimanfaatkan kembali tidak dibuang sembarangan. Ini yang sedang secara bertahap kita tangani, sehingga ke depan bisa meminimalisir sampah – sampah yang berceceran tidak pada tempatnya,” pungkasnya. (LH/BU)

0 Response to "Sampah Menumpuk di Sepanjang Jalan, Warga menjadi Resah"

Post a Comment