PCPM Larangan Gelar Diklat Kokam

Larangan (www.trelepnews.com) – 52 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) di MI Muhammadiyah Larangan, Sabtu (18/3). Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari oleh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Larangan.
Ketua PCPM Larangan Teguh Riyanto, S.Pd menyatakan, kegiatan ini merupakan perdana dilaksanakan oleh PCPM. Hal ini dilatar belakangi oleh kebangkitan KOKAM saat kasus Siyono dan terjadinya banyak bencana, sehingga memerlukan kader KOKAM untuk membantu bencana.

Peserta diklat langsungdigembleng Koramil Larangan
“ Selanjutnya ada beberapa kasus Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang di klaim bukan milik Muhammadiyah. Maka dari itu KOKAM harus menjaga AUM lebih dari itu agar kader Muhammadiyah siap diperlukan kapanpun oleh persyarikatan,” katanya.

Panitia Kegiatan Heri Nurjono mengungkapkan, ucapan terimakasih kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian hartanya, sehingga acara berjalan dengan lancar. “Seluruh peserta tidak dikenai biaya, segala fasilitas seperti kaos dan konsumsi ditanggung oleh panitia. Bahkan setelah diklat, kami akan mengusahakan seragam KOKAM untuk dibagikan secara gratis,” ungkapnya.

Salah satu peserta Feri Muktiyani (30) merasa senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. “ Kegiatan ini menumbuhkan semangat cinta bela negara dan menguatkan mental dan fisik kami. Selain itu, dapat terjalin ikatan tali silaturahmi diantara peserta untuk menyatukan satu tujuan dan tekad untuk menjaga Amal Usaha Muhammadiyah (AUM),” katanya.

Diklat KOKAM mendapat bimbingan langsung dari Koramil Larangan dan materi bela negara dari Dandim Brebes Letkol Infanteri Ahmad Hadi Sugiono. Selain itu juga digembleng oleh KOKAM Jawa Tengah dan Muhammadiyah Disaster Mangement Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Jawa Tengah. (LH)

0 Response to "PCPM Larangan Gelar Diklat Kokam"

Post a Comment