Kinan : Duta Wisata Bukan Hanya Among Tamu

Brebes, (trelepnews) – Duta wisata memegang peranan penting dalam mempromosikan wisata dan budaya , bukan among tamu dalam acara seremonial yang diselenggarakan Pemerintah Daerah. Duta Wisata yang terlahir dari ajang Pemilihan Sinok dan Sitong diharapkan mampu mengangkat sektor pariwisata dan memperkenalkan budaya Brebes ketingkat lebih luas. Terbukti sektor pariwisatadan mampu memberi sumbangsih dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Brebes.
Demikian disampaikan Sinok 2016 Chita Puspa Dara Kinanti atau yang akrab disapa Kinan, dara kelahiran 31 Desember 1995 yang ingin merubah image yang melekat pada duta wisata.

“Duta wisata adalah tourism ambasador, dimana kami dididik tentang seluk beluk potensi wisata dan budaya yang ada di Kabupaten Brebes, sebagai bekal kami untuk mempromosikan wisata dan budaya Brebes. Bersama Pokdarwis kami bertekad memajukan sektor pariwisata di Brebes sebagai salah satu pilar untuk menekan angka kemiskinan,” tutur mahasiswi Poltekes Tasikmalaya ini.
Pariwisata di Brebes bukan tanggung jawab Pemerintah daerah atau Dinas Pariwisata, tetapi harus dapat dukungan dari generasi muda, masyarakat dan media. Masyarakat harus dilibatkan karena mereka yang merasakan dampak langsung manfaat pariwisata, Duta Wisata dan Jurnalis dilibatkan karena ditangan mereka promosi wisata dan budaya tersampaikan lewat media dan event-event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata.

Sejalan dengan pemikiran diatas bahwa pariwisata harus melibatkan masyarakat mulai tahun 2017 penyelenggarakan kontes Sinok Sitong akan dilangsungkan di kawasan wisata. Hal ini bertujuan agar duta wisata yang terpilih bisa mengetahui potensi wisata sehingga mampu mempromosikan kawasan wisata dengan baik, problema dan kendala yang dihadapi kawasan wisata tersebut.
Divisi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, Slamet Riyadi mengatakan, Duta Wisata harus benar-benar mengetahui seluk beluk dari potensi dan kendala wisata di Kabupaten Brebes.

“ Tahun ini pemilihan Sinok Sitong diselenggarakan di Pandansari Kaliwlingi, bukan di grand room hotel seperti biasa. Ini bertujuan agar masyarakat mengetahui peranan duta wisata di bidang pariwisata, sehingga ada keterikatan dan kerjasama antara masyarakat dan duta wisata yang dapat mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Brebes,” ujarnya.
Hal ini tentu sejalan dengan kebijakan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan pariwisata dan mempersiapkan kader terbaik untuk mempromosikan potensi kepariwisataan dan keelokan budaya yang ada di Kabupaten Brebes.

Semoga Pariwisata Brebes semakin maju ditangan duta wisata yang cantik dan gagah, juga peranan pokdarwis dan masyarakat akan mampu meningkatkan PAD di kabupaten Brebes. (Bas/LH).

0 Response to "Kinan : Duta Wisata Bukan Hanya Among Tamu"

Post a Comment