Spirit Hari Raya Qurban Dan Peningkatan Gizi Umat


Penulis : Ust.Hadi Mulyanto, S.Pd.I.,M.Pd.I. Pendidik Asal Jatibarang Brebes

PENDAHULUAN
Sebentar lagi kita akan melaksanakan perayaan hari besar umat islam yaitu hari raya qur’ban. Dimana hari raya qur’ban atau hari raya idul adha ini, kita sebagai umat islam patut berbangga dan bersenang seraya mensyukuri nikmat Allah yang telah di berikan kepada kita selama ini. Sambil mengumandangkan kalimat takbir, tahmid, tasbih dan tahlil sebagai manifestasi keimanan kita kepada Allah SWT. Kita mafhum bahwa hari raya qur’ban ini banyak orang menyebutnya beberapa istilah nama yaitu hari raya haji . Karena di bulan dzulhijah lah orang-orang melaksanakan ibadah rukun dan wajibnya haji.
Spirit hari raya idul qur’ban ini sebenarnya sebuah momentum yang sangat baik bagi kita. Dimana spirit itu mengandung pesan bahwa kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW sekaligus penerus perjuangan Nabi Ibrahim AS hendaknya mengikuti para pendahulu – pendahulu kita dalam hal ini Nabi Ibrahim AS. Dimana beliau Nabi Ibrahim AS telah membuktikan cintanya,keimanannya dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Yakni telah menyembelih anaknya sendiri yang beliau sayangi dan cintai yang bernama Ismail. Karena bukti keimanan_Nya dan ke ikhlasan_Nya kepada Allah maka putranya yang bernama Ismail, Allah ganti dengan seekor hewan qibas ( kambing ) yang di turunkan Allah langsung dari surga.
Melihat dari perjuangan dan pengorbanannya Nabi Ibrahim AS, maka spirit pengorbanannya itu tidak ada salahnya kalau kita tiru dan kita implementasikan dalam kehidupan nyata kita agar kita senantiasa menjadi golongan orang-orang yang beruntung.
PEMBAHASAN
Spirit hari raya qur’ban adalah semangat hari besar qur’ban yang dulu pernah di contohkan Nabi Ibrahim AS agar senantiasa kita bisa merealisasikan untuk mengambil ibroh dan hikmah bagi kemaslahatan umat.
Adapun makna qur’ban adalah sebagai berikut :
1. Sebagai bukti nyata dari cinta,iman dan takwa kita kepada Allah.
2. Sebagai implementasi wujud syukur atas nikmat, karunia dan hidayahnya selama ini kepada Allah.
3. Merupakan manusia pilihan yang mau dan mampu untuk berbagi dengan sesamanya dengan jalan berqur’ban.
4. Penerang qolbu karena dengan berqur’ban berarti hati kita sudah diterangi oleh nur cahaya illahi dengan wujud ketaqwaan kepada Allah SWT.
5. Dapat melatih rasa ikhlas, jujur , sabar pada jiwa kita karena dengan berqur’ban kita harus yakin dan mantap atas yang di qur’bankan..
6. Dapat mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi.
7. Memperkuat keteguhan hati dan jiwa dalam diri kita.
Berqur’ban memiliki makna yang dalam untuk mengajarkan setiap umat untuk rela mengorbankan apa yang dimilikinya hanya semata-mata ditujukan sebagai bentuk ketauhidan hanya kepada Allah. Sama seperti manfaat zakat dan ibadah lainnya, ibadah qur’ban memiliki manfaat bagi kehidupan personal maupun bagi lingkungan sosial. Semua keberkahan yang mengalir, semua manfaat yang terbaik ada dalam keikhlasan ibadah qur’ban. Berikut manfaat qur’ban yang ditinjau dari berbagai pendekatan.
Manfaat Qur’ban untuk Umat :
1. Ibadah Qur’ban akan mencukupi gizi masyarakat kecil.
Dari tinjauan kesehatan, manfaat qur’ban bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat indonesia. Mengingat kebutuhan gizi rakyat indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mampu merasakan manfaat daging. Oleh karena itu, saat hari raya qur’ban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari manfaat daging sapi dan kambing.Memang tak dapat dipungkiri, daging adalah makanan pokok yang masih dianggap mahal di Indonesia. Tak semua golongan masyarakat dapat menikmati gizi dan lezatnya daging sapi ataupun kambing. Oleh sebab itu, ibadah qur’ban yang kita tunaikan akan membawa manfaat dan kebahagiaan bagi golongan masyarakat kecil. Qur’ban menjadi momen bagi mereka yang kurang mampu untuk memperbaiki asupan gizi dari nikmatnya manfaat daging sapi maupun kambing. Hal ini sama saja kita memberi peningkatan gizi kemereka.Sungguh sangat luar biasa sekali,karena mereka kaum lemah,masyarakat kecil tidak sedikit yang selama setahun hanya bisa makan daging dari mengandalkan perolehan dari daging qur’ban ini.
2. Ibadah Qur’ban menjaga eratnya silaturahmi.
Rangkaian proses ibadah qurban diketahui telah membawa manfaat yang begitu besar bagi terjaganya nilai silaturahmi. Tak hanya bagi seorang, namun bagi puluhan, ratusan, bahkan ribuan muslim lain yang bersama-sama ikut menyukseskan rangkaian ibadah qurban. Terjaganya silaturahmi akan menambah keberkahan rezeki dan memudahkan dalam segala macam urusan. Rangkaian ibadah qurban yang berlangsung dalam beberapa hari akan menjadi momentum untuk menyatukan umat Islam. Tak ada perbedaan yang tercipta di hari idul qurban. Hanya kebahagiaan untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama.
3. Ibadah Qur’ban menjadi momen untuk memakmurkan masjid.
Selama satu tahun penuh, masjid di depan rumah, di sebelah rumah atau beberapa langkah dari rumah jarang kita singgahi, jarang diramaikan oleh ibadah, dan terlupakan karena kesibukan rutinitas pekerjaan dan ikhtiar. Maka dari itu, karena rangkaian proses Qur’ban biasanya dilakukan di area sekitar masjid. Maka saat hari raya Qur’ban nanti, ratusan orang bahkan ribuan umat akan menyesak di masjid, menyelesaikan semua proses ibadah Qur’ban mulai dari penyembelihan, hingga distribusinya dari masjid. Sesungguhnya, Rasulullah pernah berkata bahwa memakmurkan masjid adalah sesuatu yang diutamakan.
4. Ibadah Qur’ban membawa manfaat yang luar biasa bagi para peternak lokal.
Ini adalah manfaat lain yang bisa di dapatkan untuk meningkatkan aspek pertanian negara kita. Dengan adanya ibadah Qur’ban , maka harus ada hewan yang di Qur’ban kan (disembelih). Peranan para peternak hewan seperti sapi, kambing, dan domba di Indonesia akan sangat penting dalam membantu terlaksananya kegiatan Qur’ban ini. Manfaat Qur’ban akan membantu meningkatkan aspek di bidang peternakan, mengingat sampai saat ini saja negara kita masih saja impor hewan-hewan ternak.Bagi umat islam tentunya ibadah Qur’ban tidak hanya semata-mata ibadah, namun memberikan manfaatnya untuk sesama muslimin dan muslimat.Indonesia sebagai negeri dengan populasi petani dan peternak yang berlimpah bisa menjadi negara yang mandiri apabila kesejahteraan mereka terpenuhi. Untuk sekadar bahan pokok makanan dan daging ternak sudah seharusnya menjadi tanggung jawab petani dan peternak lokal tanpa perlu mengimpor dari negeri lain. Bagi para peternak sapi pedaging di Indonesia, momen ibadah Qur’ban akan meningkatkan kesejahteraan dan kekuatan ekonomi para peternak lokal. Imbasnya produsen ternak pun akan semakin mandiri dan mampu meningkatkan populasi ternak yang dibutuhkan. Manfaatnya, ekonomi kecil pun akan menguat.
Keempat manfaat di atas hanya segelintir dari banyak sekali manfaat ibadah Qur’ban bagi umat.
Manfaat Qur’ban bagi diri sendiri :
1. Memupuk rasa empati.
Hikmah di balik berqur’ban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Kita yang selama ini memiliki kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk di korbankan dalam wujud binatang ternak untuk kemudian dagingnya akan di konsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan.
2. Melatih diri untuk menjadi dermawan.
Seseorang yang menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan. Menjadi dermawan dalam kebaikan sangat baik dan banyak manfaatnya. Untuk bisa menjadi dermawan perlu di latih terus-menerus dan tidak hanya sekali dua kali saja melainkan terus dilakukan hingga menjadi kebiasaan. Jika kita sudah sering bersedekah harta mungkin bisa di tingkatkan dengan berqur’ban di waktu hari raya idul adha.
3. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.
berqur’ban adalah salah satu perintah Allah yang jelas di cantumkan di Al-qur’an. Dalam manfaat memeluk agama islam, ibadah Qur’ban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Sehingga kita akan memiliki iman yang semakin kuat dan tidak mudah mengikuti hawa nafsu.
4. Bekal pahala di hari akhir.
Tentu saja ibadah Qur’ban akan menjadi amal baik yang akan di catat oleh malaikat. Ibadah Qur’ban yang semata-mata ikhlas dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada Allah akan mendapatkan pahala yang setimpal. Pahala inilah yang nantinya akan menyelamatkan kita di hari akhir kelak.
5. Membangun sikap solidaritas.
Saat ber Qur’ban , sebaiknya juga membaur dengan orang lain dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan membagikan hewan Qur’ban . Ada hikmah lain yang bisa didapat dalam kegiatan Qur’ban ini. Manfaat hidup rukun, saat kegiatan Qur’ban akan membuat kita saling bekerjasama dalam melakukan ibadah ini, setiap apa yang kita lakukan akan menjadi amalan baik. Oleh karena itu akan membuat kita, lebih bisa bersosialisasi dan berhubungan baik dengan orang lain.
6. Rezeki kita menjadi berkah.
Saat kita berqur’ban menjadi salah satu upaya untuk menjadikan apa yang selama ini kita kumpulkan, harta benda yang kita miliki menjadi berkah dengan menggunakannya untuk ibadah. Bahkan manfaat Qur’ban , akan membahagiakan orang lain dalam jalan keislaman.
7. Menjauhkan diri dari sikap tamak.
berqur’ban membutuhkan banyak syarat yang harus dipenuhi, mulai dari orang tersebut harus mampu, hingga mau melakukannya adalah hal yang tidak mudah. Sebagaian dari kita mungkin ada yang mampu namun tidak mau. Oleh karena itu ketika kita mau untuk ber Qur’ban , itu sudah membuktikan kita tidak terlalu tergila-gila dengan harta dan susah untuk mengeluarkannya. Manfaat agama terutama islam, akan membuang sifat serakah yang ada di dalam diri dengan ikhlas dalam ber Qur’ban.
KESIMPULAN
Dari paparan di atas bisa kita ambil intisarinya yaitu sebagai berikut ini :
1. Bahwa apa yang telah di lakukan oleh Nabi Ibrahim AS dengan di dasari ketaqwaanya kepada Allah SWT di zaman dulu, kini manusia sekarang di dunia ikut merasakan manfaatnya.
2. Spirit yang di lakukan oleh Nabi Ibrahim AS, patut kita contoh dan tiru guna meningkatkan kesejahteraan umat sekarang ini.
3. Peningkatan gizi umat bisa di rasakan dan di wujudkan berkat jasa pengorbanan orang-orang yang bertaqwa yang mau mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS.
Demikian spirit hari raya qur’ban bagi peningkatan gizi umat. Semoga dengan adanya hari raya qur’ban, orang yang selama setahun ini belum merasakan gurihnya daging kambing atau daging sapi akan kebagian sehingga akan merasakan lezat dan nikmatnya daging kambing dan daging sapi tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://manfaatkurbanbagimanusia.blogspot.co.id
http://www.republika.co.id
news.liputan6.com
manfaat.co.id

0 Response to "Spirit Hari Raya Qurban Dan Peningkatan Gizi Umat"

Post a Comment