Terbentuk, Forum Masyarakat Peduli Pendidikan di Desa Larangan



Forum Masyarakat Peduli Pendidikan
Kepala Desa larangan sedang menerima berkas  FMPP

www.trelepnews.id, LARANGAN- Untuk menekan angka anak putus sekolah yang tinggi, Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) dibentuk di Desa Larangan, Sabtu (21/05/2016). Pembentukan ini digagas oleh Bappeda Kabupaten Brebes.


Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya (Pemsosbud) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Khaerul Abidin, mengatakan rata-rata lama sekolah di Brebes hanya 6,07 tahun. Artinya, rata-rata penduduk di Brebes hanya lulus hingga sekolah dasar.

“Hal ini yang mendorong pemerintah untuk melakukan hal yang kongkrit yakni memfasilitasi pembentukan FMPP di 55 desa di empat kecamatan. FMPP tersebut akan mendorong program gerakan kembali sekolah. Lembaga tersebut merangkul semua elemen masyarakat di antaranya tokoh agama dan stakeholder yang ada,” kata Khaerul usai pembentukan FMPP, Sabtu (21/5/2106), di Desa Siandong, Kecamatan Larangan, Brebes.

Selain itu, kata Kaherul, akan mencari sumber dana baik dari Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan maupun para dermawan yang ada di Brebes untuk membantu anak-anak di Brebes yang mau kembali bersekolah.

Berdasarkan data SIPBM di empat kecamatan, yakni Kecamatan Larangan, Songgom, Bumiayu dan Bulakamba, terdapat kurang lebih 3000 anak putus sekolah di berbagai jenjang pendidikan. Belum mengitung di 13 kecamatan lain di luar SIPBM.

"Kita akan tumbuhkan semangat untuk bersekolah. Kami tidak ingin hanya karena masalah seragam dan lainnya anak -anak kita putus sekolah," kata Khaerul.

Hal senada disampaikan FMPP Kecamatan Larangan,Marzuki, mengaku ribuan anak putus sekolah akibat kesulitan ekonomi orang tuanya. “Bahkan seribu anak tercatat sebagai pekerja anak di berbagai sektor. Maka dari itu kami berharap dengan pembentukan FMPP ini akan mengurangi tingkat putus sekolah, sehingga mereka bisa melanjutkannya ke jenjang selanjutnya,” pungkasnya. (Kunt/LH)
Terungkap, pembentukan FMPP juga bersamaan dilaksanakan di Desa Sitanggal, Siandong dan Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes. Selanjutnya di semua desa kecamatan Larangan.

0 Response to "Terbentuk, Forum Masyarakat Peduli Pendidikan di Desa Larangan"

Post a Comment