Warga Swadaya Perbaiki Jembatan Kali Rambatan

Trelepnews.id, LARANGAN – Tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah, warga akhirnya gotong royong perbaiki jembatan Kali Rambatan. Hal ini disebabkan seringnya terjadinya kecelakaan di sekitar jembatan.
Jembatan ini menjadi akses utama bagi warga tiga desa yakni Desa Larangan dengan Pamulihan dan Kamal. Sekitar 46 ribu warga memanfaatkan jembatan ini. Selain itu, Jembatan ini sebagai sarana transportasi utama untuk transportasi warga dan mengangkut hasil pertanian diantaranya bawang merah, padi, sayuran dan lainnya.

Salah satu inisiator perbaikan jembatan, Herman Affandi (35) menyatakan, hampir setiap hari menyaksikan pengendara motor yang terjatuh dan ban mobil yang pecah karena kondisi jembatan, membuatnya tergerak untuk memperbaiki jembatan secara swadaya.

“ Akhirnya kami bersama pemuda dari Desa Sekardoja dan Kalenpandan sepakat untuk meminta bantuan secara swadaya untuk perbaikan jembatan. Kalau bukan kita yang bergerak, lalu siapa lagi ?,” ujarnya, Minggu (24/04/2016)

Sebelumnya, kata Herman, Jembatan ini penuh dengan tanah berdebu dan kotor. Namun, kami bergotong royong membersihkan tanah dan sampah berserakan di sekitar jembatan, sehingga kelihatan bersih. Pihak Pekerjaan Umum (PU) pun sempat survei jembatan, namun hanya memasang banner kecil bertuliskan “Awas jembatan Licin !”.

Salah satu warga Desa Larangan, Huda Nurrokhim (45) mengungkapkan, untuk perbaikan jembatan diserahkan kepada tukang las di kalenpandan dengan borongan Rp4 juta. “Untuk DP, saya dan Herman memberikan dana talangan 1,3 juta. Mudah-mudahan selama 10 hari pengerjaan lancar. Saya juga berfikir untuk penerangan jalan, karena kalau malam gelap dan membahayakan pengguna jalan.

Warga Pamulihan, Arifin (35) menyatakan, satu-satunya akses keluar masuk warga Pamulihan dan Kamal terganggu akibat plat besi jembatan pecah. Ditambah, tidak ada aspal diatas plat besinya sehingga licin.“Hal ini seringkali juga menyebabkan kecelakaan motor terjatuh,” ujarnya.

Koordinator bantuan swadaya, Rusmono (41) menjelaskan, selain meminta bantuan di sekitar jalan Kali Rambatan, dana juga kami kumpulkan dari bantuan rumah ke rumah dengan bermodalkan surat resmi bertandatangan dan stempel dari Kepala Desa Pamulihan, Rodian. Dalam surat itu disebutkan, sehubungan dengan jalan Larangan – Pamulihan yang sudah rusak dan memerlukan perbaikan, maka dari itu mengharapkan warga memberikan kontribusi dari berbagai lapisan masyarakat, sehingga bisa dilalui seperti sedia kala. ( Lukmanul Hakim)

0 Response to "Warga Swadaya Perbaiki Jembatan Kali Rambatan"

Post a Comment