Lindungi Anak dari Gangguan Asap Rokok

Trelepnews.id, BREBES- Jangan ganggu pertumbuhan anak dengan rokok. Demikian disampaikan dr. Sigit Laksmana, S.POG dihadapan ratusan peserta Seminar “Deteksi Dini Ibu Hamil Resiko Tinggi oleh Masyarakat” dari berbagai SKPD, PKK, dharma wanita dan lainnya yang diselenggarakan oleh Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes dalam rangka hari Kartini di Pendopo Kabupaten Brebes, Kamis (21/04/2016).
dr. Sigit sedang memberikan materi Seminar
Menurutnya, orang tua yang baik adalah tidak merokok di depan anak, karena mengganggu kesehatannya, apalagi di hadapan bayi. “Kadangkala orang tua sering mengeluh dengan kondisi kemiskinan. Namun, tiap hari bisa menghabiskan rokok beberapa bungkus. Padahal kalau saja uang 1o ribu dibeli untuk merokok itu dihitung perbulan bisa mencapai 3 juta. Alangkah lebih baik untuk kebutuhan gizi keluarganya,” ujar Sigit saat memberikan materi.
Maka dari itu, kata Sigit, Kebutuhan gizi anak harus diperhatikan sejak di dalam kandungan. Jangan sampai kebutuhan gizi kurang, sehingga Ibu hamil mengalami resiko tinggi.
Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti saat memberikan sambutan menyatakan, mulai sekarang asupan gizi anak harus terpenuhi dan mendapat perhatian penuh dari sang ibu. “Selamat berkiprah di hari istimewa yang bertepatan dengan hari kartini. Mari sosialisasikan program-program pemerintah,” ujarnya.
Narasumber lainnya, dr. Hj. Rudi Pangarsami Utami, M.Kes menyampaikan tentang resiko Angka kematian Ibu yang semakin meningkat. Hal ini perlu dideteksi sejak dini mulai dari posyandu dan tenaga kesehatan lainnya. “Mari kita sosialisasikan Manene Slamet Bayine Sehat. Peran masyarakat dalam hal ini sangat penting untuk menurunkan AKI dan AKA di Brebes,” imbuhnya.
Terungkap dalam kegiatan Seminar sehari juga diadakan santunan anak miskin berprestasi oleh BKBPP Kabupaten Brebes berupa tas, sepatu dan seragam senilai Rp200 ribu. Sekaligus juga diadakan donor darah bekerjasama dengan PMI Brebes dengan memberikan souvenir menarik bagi para pendonor.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh BKBPP selain seminar sehari, juga mengadakan donor darah di kantor Dharma Wanita persatuan, disamping pendopo dengan memberikan souvenir menarik untuk para pendonor.

0 Response to "Lindungi Anak dari Gangguan Asap Rokok"

Post a Comment