SMP Negeri 1 Larangan gelar Shalat Kusuf Berjamaah

Trelepnews.id,LARANGAN – Seluruh siswa, guru dan karyawan SMP Negeri 1 Larangan melaksanakan sholat Kusuf ( gerhana matahari ) secara berjamaah di Mushola Baitul Ilmi, Rabu (09/03).

SMP Neger 1 Larangan
Rosikin, SPdI, MM saat menyampaikan Khutbah Gerhana
Meskipun dalam suasana libur, tetapi siswa tetap antusias mengikutinya. Dukhoni.Dengan khusyu dan khidmat seluruh siswa melaksanakannya.


Sholat dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB dengan imam Dukhoni Qushaeri dan khotib Rosikin, S.PdI,MM.


Khotib Shalat Gerhana dalam tausyiyahnya menyampaikan tentang hikmah dari kejadian Gerhana antara lain sebagai salah satu tanda kekuasaan Allah Azza wa Jalla, terdapat bukti bahwa matahari, bulan dan alam semesta ini diatur oleh Allah SWT. Selain itu juga untuk menakut-nakuti manusia agar kembali kepada-Nya.


“Allah berfirman, Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah kalian sujud (menyembah) matahari atau bulan, tapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika memang kalian beribadah hanya kepada-Nya,” lanjut Rosikin menyitir bacaan Al Quran pada Surat Fushilat ayat 37.


Beliau juga mengajak kepada jamaah untuk  memperbanyak berdoa kepada Allah,bertakbir, mengerjakan shalat dan sedekah. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah yang menyatakan bahwa Sesungguhnya matahari dan bulan merupaka dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Kedua gerhana itu tidak terjadi karena kematian seseorang dan bukan pula karena hidupnya seseorang. Maka jika kalian melihat peristiwa tersebut berdoalah kepada Allah dan bertakbirlah dan laksanakan sholat dan bersedekahlah.


Kepala SMP Negeri 1 Larangan, H. Fuad Andriyanto, S.Pd mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan sholat kusuf berjamah ini untuk melatih siswa dan menumbuhkan rasa keagamaan. “Dengan sholat khusuf ini mudah-mudahan dapat menjadi moment penting untuk lebih mendekatan diri kepada Allah SWT,” ujarnya.(Hadi editor LH)

0 Response to "SMP Negeri 1 Larangan gelar Shalat Kusuf Berjamaah"

Post a Comment