MANFAAT TELOR ASIN BAGI KESEHATAN

 
manfaat telor Asin bagi kesehatan
Manfaat telor Asin bagi Kesehatan

Penulis : Lukmanul Hakim Warga Desa Sitanggal Kecamatan Larangan
Telur Asin merupakan salah satu maskot produk Andalan di Kabupaten Brebes. Dimanapun lokasinya entah itu di jakarta, bandung,surabaya bahkan luar jawa maka Produk Telur Asin Brebes lah yang dipercaya kenikmatannya. Bahkan menjadi oleh-oleh andalan ketika mempunyai teman dari Brebes,maka ia akan memesan oleh-oleh Telur Asin.

Di sepanjang jalan pantura terutama di wilayah Brebes, sudah menjadi hajat besar ketika menjelang Lebaran atau mudik yaitu dengan menjamurnya penjual Telur Asin dan Bawang Merah yang menjadi khas Kota Brebes. Tentu ini menjadi warna tersendiri yang membuat orang terutama dari luar Brebes berasumsi bahwa Telur Asin merupakan produk unggulan Brebes. Sehingga mereka terbiasa ketika mampir di Brebes, maka akan membeli oleh-oleh berupa Telur Asin.

Definisi Telur Asin
Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan (30 hari).

Di Indonesia, terutama di pulau Jawa telur asin biasanya diproduksi dash telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang memiliki ciri khas cangkang telur yang berwarna hijau-kebiruan.
Panganan ini bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang, dan nasi lengko, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal.

Di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil utama telur asin. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, “kering” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Manfaat mengkonsumsi Telur Asin bagi Kesehatan
Tanpa kita sadari,ternyata telur asin mengandung banyak manfaat dan khasiat.Selain rasanya yang enak,telur yang satu ini juga kaya akan manfaat.Manfaat telur asin bagi kesehatan ini memang jarang di ketahui.Tidak banyak orang yang tau tentang hal yang satu ini.Berikut beberapa manfaat telur asin bagi kesehatan, di antaranya :

•Membantu perkembangan kecerdasan otak
Manfaat telur asin memangtidak bisa dipungkiri keberadaannya seperti yang dipaparkan diatas. Tapi masih ada lagi, telur asin mengandung asam lemak omega 3 yang dipercaya sangat baik untuk kecerdasan otak. Selain membantu dalam pertumbuhan anak, telur asin ini juga dapat membantu perkembangan kecerdasan otak anak agar dapat berkembang dengan baik, sehat dan cerdas.

•Manfaat Mineral
Telur itik juga menawarkan gizi dari unsur mineral, yaitu selenium dan zat besi. Selenium berguna untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, serta membantu tubuh untuk membuat hormon di kelenjar tiroid. Zat besi bermanfaat untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen dan membantu tubuh untuk memproduksi energi. Setiap butir telur bebek mengandung 2,7 miligram zat besi, yang memenuhi 34 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dan 15 persen untuk wanita. Sementara itu telur itik menawarkan 25,5 mikrogram selenium, atau memenuhi 46 persen dari kebutuhan harian. Mineral lain yang juga ditemukan, namun dalam jumlah kecil adalah seng, fosfor dan kalsium.

•Vitamin E
Vitamin E terkandung dalam telur asin. Vitamin E bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari serangan virus dan berbagai bakteri penyebab infeksi atau penyakit.

•Tulang Dan Gigi
Jika Anda sering mengkonsumsi vitamin A, maka gigi dan tulang Anda akan terhindar dari keropos. Tulang dan gigi yang keropos akan membuat performa Anda kedepannya akan semakin terbebani.

•Menjaga Kesehatan Mata
Telur Bebek mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Satu butir telur bebek mentah dengan ukuran besar mengandung sekitar 472 IU vitamin A, yang merupakan 9,4% dari asupan vitamin harian yang direkomendasikan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Vitamin A sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu juga dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga gigi dan tulang yang sehat.

Manfaat Telur Asin bagi Ibu Hamil
Meskipun memiliki bau lebih amis daripada telur ayam, namun telur asin ini memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan, lebih dari itu, telur asin ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi Ibu Halim. Anda ingin tahu apa saja nutrisi yang terkandung dalam telur asin dan apa sajakah manfaatnya bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya? Berikut beberapa manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Ibu Hamil, antara lain :
1.Protein
Kandungan protein dalam telur asin lebih tinggi daripada daging merah maupun susu. Melalui asupan protein inilah, terjadi pertumbuhan sel dan perbaikan sel tubuh ibu hamil yang rusak. Protein dengan kandungan asam lemak omega-3 nya juga bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif sehingga dapat mencerdaskan otak janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein maka janin akan terhindar dari cacat tabung saraf pada bayi.
2.Kalsium
Dengan mengonsumsi telur asin maka jumlah kalisum yang terkandung dalam tubuh ibu hamil akan meningkat sebanyak 25 kali. Hal ini tentu sangat mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari keluhan pegal-pegal, osteoporosis (tulang keropos).
3.Vitamin A
Telur asin kaya vitamin A. Vitamin ini bermanfaat bagi ibu hamil dan janin untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem imun ibu hamil dalam menangkal radikal bebas, memperkuat kesehatan tulang dan gigi.
4.Vitamin E
Vitamin E terkandung dalam telur asin. Vitamin E bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari serangan virus dan berbagai bakteri penyebab infeksi atau penyakit.
5.Zat besi
Ibu hamil membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel darah merah, mencegah anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan energi ibu hamil. Dengan jumlah sel darah merah yang cukup maka suplai oksigen dan nutrisi ke janin akan lancar sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin pun akan optimal.
Telur asin memang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun, perlu diingat untuk tetap membatasi mengkonsumsi telur asin ini terutama bagi ibu hamil, penderita kolesterol tinggi dan hipertensi karena kandungan kolesterol dan garamnya yang tinggi.
Semoga Artikel ini bermanfaat dan menjadikan motivasi bagi Warga Brebes untuk memproduksi dan mengkonsumsi Telur Asin yang kaya akan manfaat bagi Kesehatan .

Sumber :
http://www.carakhasiatmanfaat.com
http://infosehatonline.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Telur_asin
http://ibudanmama.com/kehamilan/ensiklopedia-kehamilan/5-manfaat-telur-asin-bagi-ibu-hamil/

0 Response to "MANFAAT TELOR ASIN BAGI KESEHATAN"

Post a Comment