KAITANNYA ROKOK DENGAN KESEHATAN DAN KEUANGAN

Penulis : Lukman Hakim ( Karyawan Administrasi Laboratorium PKU Muhamadiyah ” Ibnu Shina” Banjarharjo)


Merokok merupakan aktifitas yang dapat mempengaruhi kesehatan perokok secara umum. Tentu hal ini diakui oleh hampir semua orang, bahkan perokok sendiri pun menyadari akan bahaya tersebut. Produsen sendiri pun sudah memberikan peringatan bahwa “Merokok dapat membunuhmu !” yang merupakan rangkuman dari peringatan sebelumnya “ Merokok dapat menyebabkan kanker, jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

Dampak Kesehatan bagi Perokok
Terlepas dari perbedaan tentang hukum merokok dalam agama Islam. Ada satu rujukan yang sering digunakan bagi orang yang menganggap rokok itu membawa mudharat ( kerugian) yaitu dalam Quran Surat Al A’raf ayat 157
وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ
…dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk….( Al A’raf : 157 )

Sekarang saya Tanya kepada Anda Sang Perokok.,” Rokok bisa membawa ke hal – hal yang buruk ataukah tidak ? Jelas Rokok itu bisa membawa keburukan yaitu buruk buat kesehatan, mata ( maksudnya Mata Pencaharian ), orang sekitar, dan sebagainya.

Anda lihat orang yang umur merokoknya 30 Tahun. Umur Rokok 30 Tahun, 1 hari Satu pack isinya 12 Batang ( 1 batang panjangnya 9 cm ). Satu hari jadi 12 X 9 cm = 108 cm ( sekitar 1 m lebih ). Makan Api sehari 1 meter X 30 Tahun.

Kalu seandainya tadi Orang Ngrokok umurnya 30 Tahun, dikalikan saja, panjangnya itu mungkin dari Brebes – Jakarta. Kalau seandainya Rokok yang anda Hisap tiap hari anda masukkan lapangan badminton selama 20 tahun, maka tidak muat lapangan. Ngeri..masuk ke tubuh kita.
 
Kandungan Zat Pada Rokok Beserta Efeknya Terhadap Kesehatan
Rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen-elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Selain itu, dalam sebatang rokok juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang tak kalah beracunnya.

Adapun Kandungan Zat pada Rokok yang dilangsir pada Sumber : https://nervouzer.wordpress.com yakni 1. ACROLEIN C3H4O (Zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan), 2. KARBON MONOXIDA CO (Gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen), 3. NIKOTIN C10H14N2 (Cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok), 4.AMMONIA NH3 (Gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma), 5. FORMIC ACID HCO2H (Cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh), 6. HYDROGEN CYANIDE HCN (Gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian), 7. NITROUS OXIDE N2O (Gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi), 8. FORMALDEHYDE CH2O (Gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama), 9.PHENOL C6H5OH (Zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme), 10. ACETOL C2H4O2 (Zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol), 11. HYDROGEN SULFIDE H2S (Gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen), 12. PYRIDINE C5H5N (Cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama), 13. METHYL CHLORIDE CH2=CHCl (Merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius), 14. METHANOL CH3OH (Cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian), 15. TAR C6H6 (Cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau). Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.

Dampak Keuangan bagi Perokok
Coba kalau tiap hari ada orang yang membakar uang 10 ribu Rupiah, yakin Pasti dicap Orang gila. Begitu juga sama dengan orang yang tiap hari mengeluarkan uang 10 ribu bahkan lebih untuk membeli rokok. Kadangkala yang ironis, tidak sedikit orang yang ngangluh ( mengeluh ) tentang kondisi perekonomiannya. Akan tetapi tiap hari dia masih sanggup mengeluarkan uang untuk membeli rokok 1 bungkus.Sehingga alokasi dana yang semestinya untuk diberikan kepada keluarganya, tebakar sia-sia karena rokok.
Bagi Anda berkomitmen ingin hidup hemat, berhentilah merokok dari sekarang. Jika Anda biasa merokok sebungkus sehari seharga 15.000, Anda bisa berhemat 450.000 sebulan atau 13,5 juta setahun! Di Yogyakarta, ada seorang bapak yang berprofesi sebagai PNS, berhenti merokok dan menabung uang rokoknya. Setelah beberapa tahun, ia kaget bahwa ternyata tabungannya telah lebih dari 30 juta, jumlah yang cukup untuk umroh atau naik haji. Dengan merokok, selain bisa berhemat, hidup Anda jadi lebih sehat.(untungkasirin.blogspot.com)

Femona lain tentang keberadaan rokok di tengah-tengah masyarakat antara lain :

Rokok Identik dengan Jorok
Anehnya yang sering terjadi disekitar kita. Ada orang merokok itu masuk kedalam WC/Toilet. Ada apa ini ? coba anda pikirkan ?. Semua orang kalau mau memasukkan barang ke dalam mulut, yakin sebisa mungkin menghindar dari WC. Apakah ada orang yang ketika makan / minum itu akan terasa sedap ketika di WC atau minum pil di WC ? tentu tidak ada. Jangankan mencari, anda makan mendengar orang cerita WC saja tidak jadi makan, koq ini malah mencari WC. Tapi ada orang merokok nyaman di WC, bahkan sambil nongkrong. Katanya inspirasi muncul semua disitu,kalau orang jawa bilang lipak limbok lico ( lali bapak lali mbok lali konco ). Ada apa ? kalau tidak sejenis atau satu spesies. Spesiesnya sama antara WC dengan rokok. Karena tidak mungkin ada barang jorok yang cocok kecuali dengan yang jorok pula.
Rokok tidak ada Expired
Coba cek yang pegang rokok ! Apakah rokok ada expired nya? Ternyata tidak ada. Ada apa ini ? semua bahan makanan/minuman/obat-obatan itu ada expirednya, bahkan sparepart besi ada expirednya. Rokok yang tidak ada. Mungkin rokok itu sejak keluar dari pabrik sudah expired atau rokok tidak mengenal istilah rusak.

Kamuflase Iklan Rokok
Iklan-iklan Rokok yang beredar baik di TV atau media lain kebanyakan menyuguhkan tentang sosok pria sejati yang menerjang batas dan menjadi inspirasi dalam kehidupan. Motto-mottonya pun bagus misalnya : emang bikin bangga, buktikan merahmu,pria sejati, dan lain-lain. Seakan ingin menunjukkan bahwa perokok itu pria sejati. Tapi dibawahnya tertulis MEROKOK MEMBUNUHMU. Bukankah kemudian merokok itu melatih orang menjadi munafik. Di satu sisi mengandung peringatan, namun disisi lain dilanggar tidak apa-apa. Makanya kemudian orang mudah melanggar hukum karena sudah terbiasa. Sehingga jangan heran kalau ada peraturan banyak yang melanggar, karena sudah terbiasa.

Maka dari itu sayangi tubuh anda dengan Berhenti Merokok Sekarang juga !
sumber foto : http://julianadhi.blogspot.co.id

0 Response to "KAITANNYA ROKOK DENGAN KESEHATAN DAN KEUANGAN"

Post a Comment