Jurnalis Pertegas Kekuatan Rakyat

 
Peserta Pelatihan Jurnalis Warga di Hotel Plasa Tegal
TEGAL- “Jurnalis mempertegas perubahan kekuatan rakyat,”kata Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya (Pansosbud) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Brebes, Drs. Khaerul Abidin MM saat memberikan pengarahan di hadapan 70 peserta Evaluasi Jurnalis Warga Program Keluarga Harapan (PKH) Prestasi tahun 2016, Sabtu (27/02/2016).

Pengertian  jurnalis warga, kata Khaerul, adalah produk informasi yang tidak dikuasai kalangan elit. Namun demikian, dikuasai warga untuk memberikan informasi yang lebih akurat.  “Perkembangan Jurnalis warga di Kabupaten Brebes saat ini baru menjadi kepompong, maka selama dua hari ke depan para peserta mengikuti pelatihan untuk memperkuat teknik-teknik jurnalistik, sehingga menjadi kupu-kupu,”imbuhnya.

Disebutkan, saat melakukan presentasi di Jakarta tentang Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) kami memunculkan program jurnalis warga dan mendapatkan respon positif dari peserta 34 provinsi, sehingga kami mengajak kepada para jurnalis warga untuk masuk portal SIPBM menjadi anggota atau kontributor sbagai wakil Brebes untuk menulis berita tentang sepak terjang pendidikan di Brebes.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Februari 2016, oleh Bappeda bekerjasama dengan Bappenas dan UNICEF. Peserta berasal dari 35 desa Intervensi PKH Prestasi yakni Jatibarang, Wanasari, Bulakamba, Ketanggungan dan Tonjong. Hadir sebagai narasumber Kuntoro Tayubi (PWI Brebes), Wahidin Soedja (Wartawan Suara Merdeka), Wasdiun (Wartawan NU Online, Humas kabupaten Brebes), Muamar Reza Pahlevi (Ketua KPU Brebes, mantan Redaktur Radar Tegal) dan Ismail Fuad ( Wartawan Radar Tegal).



0 Response to "Jurnalis Pertegas Kekuatan Rakyat"

Post a Comment