DUTA DAKWAH ASI DARI DESA LARANGAN

LARANGAN- Ladang pahala bila seorang Ibu yang melahirkan bayinya, memberikan Air Susu Ibu (ASI ) Ekslusif kepada bayinya selama 6 bulan, setelah 6 bulan sampai 2 tahun tetap di kasih ASI dan Makanan Pendukung ASI ( MPASI). itulah ungkapan Dunarso seorang Duta ASI Ekslusif Kecamatan Larangan, sekarang menjabat sebagai Pembantu Kaur Kesra (Lebe) Desa Siandong, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.
Duta Dakwah ASI Eksklusif
Dunarso duta ASI
Ia bisa menyampaikan masalah ASI Ekslusif karena pernah mendapatkan Pelatihan Kesehatan Gizi dan ASI yang difasilitasi oleh Lembaga Kesehatan Nahdhatul Ulama (LKNU) di Pondok Pesantren Alhikmah 2 Desa Benda, Kecamatan Sirampog tahun 2013. Selama 2 hari, Dunarso dan perwakilan tokoh agama dilatih oleh para pakar ahli Gizi dan ASI Ekslusif.
Dunarso dalam penyuluhannya, لَا رَضَاعَ إِلَّا فِي اَلْحَوْلَيْنِ (laa rodhoo’a illaa filhaulaini), yang artinya tidak ada penyusuan kecuali dalam dua tahun. “Orang menyusui itu ladang pahala, setiap satu hisapan anak untuk menyusu, maka si ibu dosanya dihapus, banyak mendapatkan pahala jika dilakukan, ” imbuhnya.
Dia juga menjelaskan tentang kolostrum (getah timun) yang keluar dari ASI itu banyak manfaatnya, salah satunya tidak membuat anak mudah meriyang (sakit). Bapak dari dua anak ini, rutin melakukan penyuluhan diberbagai acara seperti pertemuan Kelompok Pejuang ASI (KPASI) Kecamatan Larangan, walimatul ursy, walimatul hamli (tebus weteng), walimatul aqiqoh, pengajian rutin ibu-ibu fatayat dan muslimat.
Banyak orang yang sudah menerima manfaat dari penyuluhannya. “maturnuwun nggih pak lebe”, ucap Suniti (23) salah satu ibu yang telah mengikuti penyuluhan Dunarso, dia mau mematuhi apa yang disampaikan, Alhamdulillah anak saya sehat, ceria dan cerdas”, lanjutnya.
Hal yang sama juga dengan Rusbianto (36) anggota Jam’iyah Nurul Fata mengatakan,”Pak Lebe sekarang kaya Dokter yah..kok bisa ngerti kesehatan ibu, terutama masalah seputar ibu menyusui, ” pungkasnya.
Hal senada juga disampaikan Ketua Forum Pendamping Anak Adi Assegaf, semestinya apa yang dilakukan oleh Dunarso (lebe) ditiru oleh lebe-lebe yang lain dalam rangka menaikkan cakupan ASI sehingga ke depan menjadikan generasi anak brebes bisa sehat, ceria, cerdas dan berakhlakul karimah.( Lukman, Editor Bahrul Ulum)
** Sosok Dunarso, Kelahiran Brebes, 3 Juni 1976 yang beralamat : Penjalinbanyu RT 03 RW 01 Kelurahan Siandong, dengan Jabatan :- Pembantu Kaur Kesra; Pengalaman : – Komite SDN Penjalinbanyu Siandong- Komite MAdin Assyafiiyah Siandong- Komite MTs Al Karomah Siandong- Komite MA Al Karomah Siandong- Pengurus MWC NU Kecamatan Larangan Bagian Perekonomian- Ketua Forum Warga Sehat Kecamatan Larangan Keluarga : 1. Nok endang kustiri( istri ) 2. Lia Aliyatun Khofifah ( anak ) 3. Syafaatun Azkiya ( anak )DUD

0 Response to "DUTA DAKWAH ASI DARI DESA LARANGAN"

Post a Comment